Class dan Object
OOP (Object Oriented Programming)
OOP adalah teknik pemrograman dengan mengkonversi kasus dalam dunia nyata menjadi object-object dalam program. Dengan demikian, diperlukan kemampuan untuk mengenali hal apa saja yang dapat dijadikan object dengan atribut dan kemampuannya. Untuk dapat menghasilkan object dalam pemrograman java, dibutuhkan class. Jadi Class adalah generator dari Object. Dari Class akan tercipta Object
CLASS
Class adalah cetak biru bagi object. Dengan membuat class, seorang programmer kemudian dapat menciptakan object. Dari sebuah class, dapat diciptakan object sebanyak mungkin. Semua object yang tercipta dari class tersebut memiliki karakteristik yang sama, namun dengan nilai yang berbeda.
Format Class
class namaClass { tipe_data nama_property; identifier tipe_data_kembali nama_method(tipe_data parameter) { isi_method; } }
keyword class untuk menyatakan bahwa kita akan membuat sebuah class baru. namaClass adalah nama dari class baru yang kita buat. |
|
tipe_data adalah tipe data dari variabel yang kita ciptakan. Tipe data dapat berupa tipe data primitif ataupun class. nama_property adalah variabel yang kita gunakan untuk menampung data dari class. |
|
identifier adalah jangkauan dari method. tipe_data_kembali adalah tipe data dari nilai yang dikembalikan setelah method ini selesai dikerjakan. Jika tipe data kembali di set sebagai void maka method ini tidak mengembalikan nilai. nama_method adalah nama dari method yang kita deklarasikan. tipe_data dalam kurung adalah tipe data dari parameter method ini. parameter adalah nilai yang dilewatkan ke dalam method ini supaya nilai tersebut dapat diproses. |
|
isi_method adalah kumpulan kode program yang akan dikerjakan saat method ini dipanggil. Kode program dapat lebih dari 1 baris. |
|
Ini adalah tanda tutup dari method. | |
Ini adalah tanda tutup dari class. |
Ada 3 jenis identifier dalam java :
|
Contoh Class
class Karyawan {
int nik;
String namaKaryawan;
double gajiPokok;
double tunjangan;
public double hitungTotalGaji() {
double total;
total = gajiPokok + tunjangan;
return total;
}
}
Kita membuat sebuah class baru dengan nama Karyawan | |
Kita membuat sebuah variabel dengan nama nik yang bertipe integer. Variabel ini akan digunakan untuk menampung nomor induk karyawan. |
|
Kita membuat sebuah variabel dengan nama namaKaryawan yang bertipe String. Variabel ini akan digunakan untuk menampung nama karyawan. |
|
Kita membuat sebuah variabel dengan nama gajiPokok yang bertipe double. Variabel ini akan digunakan untuk menampung gaji pokok karyawan. |
|
Kita membuat sebuah variabel dengan nama tunjangan yang bertipe double. Variabel ini akan digunakan untuk menampung tunjangan karyawan. |
|
Kita mendeklarasikan sebuah method dengan identifier public. Nilai kembalian dari method ini bertipe data double. Nama method ini adalah hitungTotalGaji. | |
Kita mendeklarasikan sebuah variabel dengan nama total yang bertipe data double untuk menampung total gaji yang diterima karyawan bersangkutan. |
|
Kita melakukan perhitungan total gaji karyawan, yaitu gaji pokok + tunjangan. | |
Hasil perhitungan total gaji dikembalikan kepada pemanggil method. Di baris ini terlihat jelas bahwa nilai kembalian method, yaitu double sama dengan tipe data variabel yang dikembalikan, yaitu double. |
Salah satu patokan dasar dalam membuat class adalah : Jadikan nilai yang terkandung dalam object yang kita bahas sebagai property dari class dan jadikan kemampuan (sesuatu hal yang dapat dilakukan oleh object tersebut) sebagai method. |
OBJECT
Object adalah realisasi dari class. Seperti blueprint dari sebuah bangunan, blueprint tersebut hanya dapat digunakan kalau sudah direalisasikan menjadi sebuah bangunan. Class akan terlihat fungsinya kalau sudah dapat kita jadikan sebagai object. Object disebut sebagai #instance# dari class. Sesudah menjadi object, kita dapat mulai memasukkan nilai-nilai yang khusus untuk object bersangkutan.
Format Membuat Object
Untuk membuat sebuah object dari sebuah class, kita cukup menggunakan format berikut :
nama_class nama_object = new constructor();
nama_class adalah nama dari class yang akan kita gunakan sebagai blueprint untuk membuat object. nama_object adalah nama dari object yang akan kita ciptakan. new adalah keyword yang kita gunakan untuk membuat object baru. constructor() adalah method untuk membuat object baru. Biasanya nama constructor sama dengan nama class. |
Sesudah mendapatkan object baru, kita dapat mulai memasukkan nilai ke
dalam object tersebut dan mulai memanggil methodnya, jika diperlukan.
Contoh Membuat Object
Karyawan pegawai = new Karyawan();
Dengan perintah di atas, kita akan mendapatkan sebuah object bernama pegawai
Sebuah class tidak wajib harus memiliki property dan method. Kita dapat membuat sebuah class yang hanya berisi property saja atau sebuah class yang hanya berisi method saja. |
0 komentar:
Posting Komentar