Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » java chap2

java chap2

Written By Tim Editor on Kamis, 17 Desember 2015 | 04.01

Swing Basic Component

SWING

Swing adalah kumpulan dari komponen-komponen yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Java berbasis GUI. Hampir semua komponen yang digunakan dalam aplikasi berbasis GUI tersedia dalam Swing. Pada chapter 02 ini, kita akan membahas 3 komponen dasar dari swing yang paling banyak digunakan dalam membuat aplikasi berbasis GUI yaitu Jlabel, JtextField, dan Jbutton

JLABEL

JLabel merupakan komponen swing yang digunakan untuk menampilkan output. JLabel tidak dapat menerima input dari pengguna.
jlabel
Gambar 1: Contoh JLabel
Perintah untuk menampilkan output ke JLabel :
label.setText("isi label")
Perintah untuk mengambil isi dari JLabel :
variabel = label.getText()

JTEXTFIELD

JTextField merupakan komponen dari swing yang digunakan untuk menerima input dari pengguna. Komponen ini juga dapat digunakan untuk menampilkan output yang dapat dimodifikasi oleh pengguna.
jtextfield
Gambar 2: Contoh JTextField
Perintah untuk menampilkan output ke JTextField :
textField.setText("isi text field")
Perintah untuk mengambil isi dari JTextField :
variabel = textField.getText()

JBUTTON

JButton merupakan komponen dari swing yang dapat diklik oleh pengguna sebagai indikator untuk memulai sebuah proses.
jbutton
Gambar 3: Contoh JButton

Contoh penggunaan komponen swing

Soal
Buatlah sebuah aplikasi berbasis GUI yang meminta pengguna untuk memasukkan jurusan yang dipilih ke dalam sebuah JTextField. Kemudian saat pengguna mengklik sebuah button, berdasarkan jurusan yang diinput oleh pengguna, tampilkan sebuah label di bawahnya yang berisi "Anda memilih jurusan [isi dari JTextField]".
Solusi
Buatlah sebuah JFrame yang akan digunakan sebagai container dari komponen yang ada. Tambahkan sebuah JLabel dan ganti textnya dengan kalimat "Masukkan jurusan :". Disebelah JLabel tersebut, tambahkan sebuah JTextField. Ganti nama JTextField tersebut dengan nama txtJurusan. Tambahkan sebuah JButton di sebelah JTextField. Ganti text JButton tersebut dengan kata "Proses". Ganti nama JButton tersebut dengan nama btnProses. Tambahkan sebuah JLabel di bawahnya. Ganti nama JLabel tersebut dengan nama lblHasil. Hasil desain akhir dari JFrame tersebut dapat di lihat pada gambar berikut.
contohSwing1
Gambar 4: Desain JFrame
Dari soal dikatakan bahwa saat pengguna mengklik JButton, maka ada sebuah proses yang terjadi, yaitu memindahkan nilai yang dimasukkan pengguna ke dalam JTextField ke JLabel di bawahnya. Maka kita harus menuliskan kode program ke dalam JButton. Klik kanan JButton, pilih menu event >> action >> actionPerformed. Editor akan berpindah ke bagian source.
Berikut source code yang perlu diketik :
String jurusan; 

jurusan = txtJurusan.getText(); 
lblHasil.setText("Anda memilih jurusan : " + jurusan); 

Deklarasi variabel untuk menampung input dari pengguna.

Mengambil input dari pengguna di JTextField dan menampungnya di variabel jurusan.

Menampilkan hasil input dari pengguna ke JLabel lblHasil. Di sini kita menggabungkan input dari pengguna yang kita tampung di variabel jurusan dengan kalimat pembuka "Anda memilih jurusan : ". Tanda + akan menggabungkan kalimat pembuka dengan isi dari variabel jurusan.

 

0 komentar:

Posting Komentar