Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Apa Itu Hosting dan Domain ?

Apa Itu Hosting dan Domain ?

Written By mobileprinting on Rabu, 30 Desember 2015 | 15.25


Seorang blogger harus mulai bisa membiasakan diri dengan istilah-istilah dasar dalam dunia internet. Selain mesti punya kemampuan dasar dalam hal development, blogger juga tidak boleh ketinggalan dalam hal teknis.

Inilah yang kadang membedakan satu blogger dengan blogger lainnya. Yakni sejauh mana ia mampu menguasai hal teknis, meski itu adalah bagian paling dasar. Seperti berkenalan dengan istilah hosting dan domain, namun ini sangat penting.

Masih banyak yang belum paham tentang kedua hal tersebut. Istilah yang mungkin sebagian orang sudah sedikit mengerti adalah domain. Ketika menyebut .com orang-orang langsung akan berakat itu domain. Namun, apa sebenarnya pengertian domain tersebut?

Pengertian Domain

Dari arti sesungguhnya, domain adalah nama situs unik yang ada di dunia internet. Unik disini berarti nama situs tersebut hanya ada satu pemiliknya di internet. Contohnya Blogooblok.com ini yang hanya dimiliki oleh saya.

Tidak mungkin ada situs lain yang namanya Blogooblok.com. Kemungkinan terburuknya hanya akan merubah nama ekstention saja seperti Blogooblok.id atau Blogooblok.co.id. Itupun dengan konsekwensi karena telah ada nama yang terkenal sebelumnya.

Jika diibaratkan manusia, nama domain itu adalah nama yang tertera di akta kelahiran. Bedanya, nama yang dipakai seorang manusia masih bisa dipakai oleh orang lain, tapi domain tidak bisa dipakai lagi oleh orang yang berbeda.

Itu artinya domain adalah identitas kita di internet

Sedikit tentang teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer di internet. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan istilah IP Address (Internet Protocol address).

Kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs berupa angka-angka, sebagai contoh 203.30.236.154. Angka itu disebut IP untuk membuka satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda. Tentu akan susah mengingat angka-angka tersebut dijaman serba canggih ini.

Maka dari itulah dibuatlah fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang.


Pengertian Hosting

Alamat (domain) itu hanyalah petunjuk untuk datang kesuatu tempat. Kalau cuma ada tempatnya tanpa ada rumahnya, sama saja mencari alamat palsu. Maka dari itu, lahirlah hosting. Atau jika diibaratkan rumahnya suatu domain.

Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kegunaanya untuk menyimpan data-data dari suatu situs. Mau itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya.

Setiap situs yang mau di onlinekan agar bisa diakses oleh orang banyak harus disimpan pada suatu host. Ibarat rumah, hosting inilah yang nantinya akan ditempati menyimpan barang-barang berharga kita.

Ada banyak jenis hosting di internet. Mulai hosting yang berasal dari satu server yang dibagi-bagi, cloud hosting, VPS hingga memiliki server sendiri, atau rumah sendiri. Soal perbedaan jenis ini akan dibahas dalam tulisan berbeda.

Satu yang sering menjadi pertanyaan orang-orang, mengapa harus membeli hosting kalau beberapa situs menyediakan hosting gratis. Seperti Google yang menyediakan hosting gratis melalui blogspotnya (seperti yang dipakai Blogooblok) saat ini.

Memang tidak ada salahnya menggunakan hosting gratis dari penyedia pihak ketiga, hanya saja yang namanya ngontrak selalu tidak seleluasa dibanding jika punya rumah sendiri.

Hosting gratisan tidak menyediakan layanan lengkap seperti fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql dan lain sebagainya. Bahkan dibeberapa hostingan gratis akan muncul slot iklan di dalam situs yang kendalinya tidak ditangan kita. Untungnya di blogspot tidak demikian.

Ada banyak tempat untuk membeli hosting. Namun Blogooblok merekomendasikan Indowebsite. Penyedia yang satu ini sudah berpengalaman dan layanannya super keren. Sejumlah blog yang Blogooblok kelola dengan jasa hosting Indowebsite sejauh ini aman-aman saja.


Akhir kata, domain dan hosting adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Domain yang baik dengan hosting yang kencang akan menambah nikmat khasanah berinternetan. Salam blogger dan jangan lupa bahagia.



"KinkiHadi"
   CST

0 komentar:

Posting Komentar